Memilih Radio ACCES POINT

berbicara AP dan CPE pada radio dari berbagai merek dan berbagai OS radio. mulai dari fullbond, alcon, snao, linksys, belkin, tp-link, motorola canopy, dlink, jaht, mikrotik, ubnt memang ada kelebihan dan kekurangan masing2, apalagi sekarang ada macam2 merek radio baru dan juga OS baru, mikrotik, ddwrt, open wrt dan os lainnya.

Cuma dari berbagai merek dan tipe di atas yang pernah saya coba, untuk saat ini saya memilih perangkat AP yang terdiri dari ruterbord dan wlan card mini pci dengan os mikrotik, karena dengan fasilitas yang dimiliki oleh os mikrotik sangat banyak sekali fitur2 yang berguna. bisa jadi ruter, bisa jadi ap, bisa macam2 tergantung kebutuhan kita dan keinginan dan dengan ferforma yang ok tentunya untuk standart layanan internet kita dan juga kantong tentunya. kalo mau di bahas msalah kelebihna mikrotik ini tentunya banyak sekali dan kadang kita lupa bahwa itu merupakan kelebihna nya. mungkin suatu saat nanti kalo saya sempet saya bikin bahasan khusus mengenai kelebihan mikrotik kalo di jadikan AP begitu juga dengan CPE nya tapi kalo saya sempet dan gak lupa jadi kalo bisa di ingetkan ya . . hehehhe

tadi kita berbicara masalah AP yang untuk saat ini saya suka dengan AP mikrotik, kemudian untuk masalah cpe, cpe tentunya kita ingin murah, mudah, andal, awet, flexibel, dll. nah untuk perangkat seperti itu sebenarnya banyak, dari pengalaman saya menemukan beberapa yang enak dan mudah dalam pemasangan seperti alcon, ubnt, canopy, mikortik, kalo kita bandingkan dengan sisi kemudahan pemasangan dan tuning sepertinya semua sama sama aja lah, tapi kalo di pikir dari sisi fitur saya lebih milih mikrotik, kalo dari sisi harga saya milih alcon atau dibawah alcon ( saya lupa merek nya)

oh ya, lupa untuk masalah harga, mikrotik udah ada yang cpe built up dalam 1 box, dengan antena 14 db, perangkat ini bisa non los dan mudah dalam pemasangan walau rada berat tapi kalo dibandingkan saya lebih mimilih mikrotik untuk saat ini, karena fitur yang ook punya sehingga puas baik dalam tuning dan monitor perangkat yang tersebar

untuk saat ini sepertinya itu dulu sempet dibahas, bila ada kesempatan lain, saya coba untuk melakukan perbandingan dengan bukti dilapangan dengan jelas, kali ini mungkin tidak ada bukti lapangan , hanya ocehan saya saja, tapi sebenarnya itu adalah fakta di lapangan yang saya tangkap.
Posted on 12.06 by newbie and filed under | 0 Comments »

0 komentar:

Posting Komentar